Satuan
Pendidikan :
Kelas/Semester : VII/1(satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema/Topik : 2. Potensi dan persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia
2.1 Potensi Sumber Daya Udara
Pertemuan
Ke : 1
A.
KOMPETENSI INTI :
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
KOMPETENSI
DASAR:
1.1.
Menghargai karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2. Menunjukkan perilaku santun toleran dan peduli dalam
melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
2.3. MenunjukkanPrilakusantun,
tolerandanpedulidalammelakukanInteraksimanusiadenganlingkungandantemansebayanya.
3.1.
Memahamiaspekkeruangandankonektivitasantarruangdanwaktudalamlingkup regional
sertaperubahandanberkelanjutankehidupanmanusia(ekonomi, social, budaya,
pendidikandanpolitik)
3.4. Memahami pengertian
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi
4.1.
Menyajikanhasilpengamatantentanghasil-hasilkebudayaandanpikiranmasyarakat
Indonesia padamasaPraAksara, masa Hindu Budha, danmasa Islam dalamaspek
Geografis, ekjonomi, budaya, danpolitik yang
masihhidupdalammasyarakatsekarang.
4.3. Menganalisis hasil observasi
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial,
budaya,dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
2. Mengidentifikasi
unsur-unsur udara
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui diskusi siswa dapat:
1. Menjelaskan potensi sumber daya
udara
2. Mengidentifikasi unsur-unsur udara
E.
MATERI AJAR
a. Pengertian potensi sumber daya
udara
b. Unsur-unsur udara
F.
ALOKASI WAKTU 2 x 40 Menit
G. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan Scienific
2. Metode diskusi, STAD
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
Pertemuan
1 (2x40 menit)
1)
Persiapan psikis dan
fisik dengan membuka pelajaran denganmengucapkan salam dan berdoa bersama(menghayati
ajaran agama),
2)
Menginformasikan tujuan yang
akan dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu).
3)
Menyampaikan secara
singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
4) Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam
proses pembelajaran
|
80
Menit
10
menit
|
Inti
|
a.
Membagi siswa menjadi 4 kelompok
b.
Pelaksanaan STAD
1. Penugasan menggunakan LKS untuk
dikerjakan oleh kelompok dengan pembagian:
- Kelompok A dan B mengerjakan LKS 1
tentang potensi sumber daya udara
-
kelompok C dan D mengerjakan LKS tentang Unsur-unsur udara
2. Pelaksanaan diskusi kelompok ( siswa
dialog mendalam untuk saling membantu memahami pembelajaran dengan anggota
kelompok kemudian mencatat hasil diskusi)
3. Pelaksanaan konfirmasi dilakukan
dengan memberikan umpan balik berdasarkan hasil prosentasi
|
60
menit
|
Penutup
|
a.
Membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu dilakukan siswa
bersama guru.
b.
melaksanakan tes secara lisan
c.
menutup pelajaran dengan berdoa
|
10 menit
|
I. Penilaian
Hasil Belajar
- Tehnik penilaian proses : instrumen penilaian diskusi dan
presentasi
- Bentuk penilaian hasil : tulisan kerja kelompok
J.
SUMBER BELAJAR
a. alat : Laptop, LCD
b. Sumber belajar: Buku siswa, Internet
- Rubrik Penilaian
Diskusi
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket
|
||||
Kerja
sama
|
betanya
|
menjawab
|
Etika
berbicara
|
kedisiplinan
|
|||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
Keterangan Skor :
Kriteria Nilai
Baik Sekali = 4 A=
80 - 10 : Baik Sekali
Baik = 3 B= 70 - 79 :
Baik
Cukup = 2 C=60 – 69 : Cukup
Kurang = 1 D=
< 60 : Kurang
Skor perolehan
Nilai = ------------------- X 100
Skor Maksimal
- Rubrik Penilaian
Presentasi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Nilai
|
ket
|
||||
penampilan
|
Kesesuaian
subtansi
|
Ketrampilan menjawab
pertanyaan
|
Menghargai pendapat
teman
|
Jumlah skor
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
Keterangan Skor :
Kriteria Nilai
Baik Sekali = 4 A=
80 - 10 : Baik Sekali
Baik = 3 B= 70 - 79 :
Baik
Cukup = 2 C=60 – 69 : Cukup
Kurang = 1 D=
< 60 : Kurang
Skor perolehan
Nilai = ------------------- X 100
Skor Maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar