Breaking News

Senin, 07 November 2016

MENAHAN LAJU OMBAK PENGGERUS PANTAI

abrasi pantai
Abrasi yang menyebabkan terkikisnya alur pantai tidak saja mengancam kelestarian lingkungan hidup tapi juga keberlangsungan kehidupan manusia. Beberapa pulau kecil diIndonesia, juga didunia,dilaporkan hilang akibat abrasi. Jika hal itu dibiarkan, daratan-daratan lainnya pun akan mengalami nasib yang sama.
Untuk  itulah upaya penanggulangan abrasi perlu dilakukan. Penanggulanngannya pun harus memerkatikan banyak factor, seperti ketersediaan teknologi, sumber daya manusaia, dan biaya. Otto Sudarmaji Rahmano Ongkosono dari Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memaparkan penanggulangan dan pencegahan abrasi bias dilakukan dengan cara lunak, keras dan atau gabungan keduanya.
Pemilihan cara pencegahan abrasi disesuaikan dengan kondisi wilayah. Misalkan pencegahan denngan cara lunak dapat dilakukan dengan menanam pepohonan di daerah yang memang awalnya diperuntukkan untuk itu. Hutan-hutan bakau yang berada didaerah dekat pantai memang pada dasarnya berfungsi untuk menahan laju ombak. Dengan adanya akar-akar pohon bakau yang terkesan menjuntai tak beraturan, ombak yang dating akan tertahan dan pecah. Selain itu keberadaan bakau mampu membuat tanah di bawanya relative lebih padat. Ketika ombak datak, tanah yang ditanami bakau lebih sulit tergerus dan terbawa ombak kelaut.
Abrasi adalah proses dimana terjadi pengikisan pantai yang disebabkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi atau kata lain biasa disebut erosi pantai. Kerusakan garis pantai tersebut dikarenakan terganggunya keseimbangan alam daerah dipantai tersebut. Dan meski Abrasi dapat disebabkan oleh gejala alami tapi manusia lah yang dijadikan sebagai penyebab utama terjadinya abrasi. Abrasi ini dapat terjadi kerena beberapa faktor antara lain, faktor alam, faktor manusia, dan salah satu untuk mencegahnya tejadinya abrasi tersebut yakni melakukan penanaman hutan mangrove. Beberpa faktor alam yang dapat menyebabkan abrasi antara lain, angin yang bertiup di atas lautan sehingga menimbulkan gelombang serta arus laut yang  mempunyai kekuatan untuk mengik
                 Akibat dari abrasi ini akan menyebabkan pantai menggetarkan batuan ataupun tanah dipinggir pantai sehingga lama-kelamaan akan berpisah dengan daratan dan akan mengalami abrasi pantai. Proses terjadi Abrasi yaitu pada saat angin yang bergerak dilaut menimbulkan arus serta gelombang mengarah ke pantai, sehingga apabila proses ini berlangsung lama akan mengikis pinggir pantai.
Kekuatan gelombang terbesar dapat terjadi pada waktu terjadi badai dan badai inilah yang mempercepat terjadi proses pantai. Abrasi ini selain disebabkan faktor alam bisa juga disebabkan karena faktor manusia, seperti contoh melakukan penambangan pasir, dikatakan demikian karena penambangan pasir begitu penting terhadap abrasi suatu pantai yang dapat menyebabkan terkurasnya pasir laut dan inilah sangat berpengaruh terhadap arah dan kecepatan arus laut karena akan menghantam pantai.
Adapun Definisi Abrasi Pantai adalah proses terjadi pengikisan pantai yang disebabkan oleh kekuatan gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Salah satu tindakan manusia yang membuat terjadinya abrasi adalah melakukan kegiatan pengambilan batu dan pasir di pesisir pantai untuk digunakan sebagai bahan bangunan dan lain sebagainya. Selain itu penebangan pohon-pohon pada hutan pantai atau hutan mangrove dapat memacu terjadi abrasi pantai yang lebih cepat.
BEBERAPA ZONE ABRASI PANTAI YANG DAPAT TUMBANGKAN POHON PANTAI ANTARA LAIN :
1.   ZoneBarringtonia
Zone Barringtonia dimana terdapat beberapa jenis pohon Barringtonia asitica, pongamia pinnata merr, cordia subcordata L, calophyllum inophyllum L. Terminilia cattapa L.
2.   ZoneIpomeaPescaprae
Zone ini didominasi oleh ipomea pescaprae serta spinifex littoreus/rumput angin
ADAPUN CARA MENCEGAH TERJADI ABRASI
1.       Penanaman pohon Mangrove
2.       Memelihari pohon Mangrove atau jenis pohon lainnya
3.        Penanaman pohon pada hutan pantai
Cukup sekian artikel kali ini tentang APAKAH ITU ABRASI dan semoga setelah membaca dapat menambah ilmu pengetahuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog